Selasa, 01 September 2015

BUDAYA, MAKANAN DAN CIRI KHAS DAERAH SAYA

A. Budaya
   
     Daerah saya terdapat banyak kebudayaan terutama pada acara kekeluargaan, pernikahan, tingkepan, sunatan. Budayanya itu identik dengan doa atau disebut dengan walimahan. Walimahan selalu diadakan sebelum hari H dilakasanakan guna untuk mendoakan agar shohibul hajah atau disebut dengan penyelenggara tersebut lancar tanpa hambatan. Budaya tersebut kebanyakan dilaksanakan pada malam hari karena cuacanya dingin nan sejuk. selain kebudayaan walimahan ada pula budaya suroan, nyekar, riyoyo kupat. Budaya-budaya tersebut diadakan pada saat ada acara desa seperti panen padi, idul fitri, dan acara lainnya. hingga sampai saat ini kebudayaan tersebut masih terus berlangsung dan tidak punah, itu berkat kesadaran warga desa saya yang sangat amat cinta kebudayaan tradisional leluhur.


B. Makanan

    Makanan khas daerah sidoarjo tepatnya di desa plaosan wonoayu sangat beragam seperti nasi tumpeng kuning. Nasi tumpeng kuning dibuat pada kebudayaan yang sudah saya sebutkan di atas. Makanan itu berlambang akan bersyukurnya nikmat hasil bumi yang melimpah. Makanan tersebut dibagi kepada tetangga guna rasa saling berbagi. Selan nasi tumpeng kuning ada pula makan khas yaitu ketan ireng, getasan, ketan tape ireng, makanan-makanan itu dibuat untuk merayakan hari idul fitri karena hari tersebut banyak orang berdatangan ke rumah-rumag tetangga untuk minta maaf. Selain minta maaf orang-orang tersebut harus mencicipi makan tradisional tersebut yang disediakan oleh tuan rumah. Banyak orang suka akan makanan khas dareah saya karena rasanya yang legit serta proses pembuatannya masih alami dan menggunakan alat tradisional serta proses memasaknya membutuhkan waktu  yang lama. itulah beberapa makanan di daerah saya dan masih banyak lagi makanan-makanan yang unik yang belum terkuak.

C. Ciri Khas

     persawahan, ya persawahan itulah ciri yang mendasar di daerah saya terutama di desa saya, banyak orang di desa saya bermata pencaharian sebagai petani . pertanian di sana sangat tumbuh subur dan hasil nya melimpah. Sebagian besar daerah persawahan mendominasi luas tanah daripada luas desa. tidak hanya pertanian, banyak kebun atau kebon-kebon yang rindang yang ditumbuhi pohon bambu yang lebat. Desa saya bisa disebut desa hijau karena kabanyakan pohon-pohon rindang. Ciri khas lagi yaitu perlombaan 17 agustusan itu guna memperingati hari kemerdekaan bangsa indonesia. Banyak lomba yang diadakan seperti panjat pinang, nguot, kepruk bantal, voli kali. perlombaan tersebut selalu diadakan di desa saya dan itu sebagai penghibur warga yang sibuk dan sebagai tontonan warga agar warga terhibur akan perlombaan tersebut. Solidaritaslah yang diterapkan oleh Warga desa saya sehingga terciptanya kerukunan dan kekompakan dalam berbagai hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar